twitter


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan         : MI. Sunan Ampel
Mata Pelajaran              : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester            : IV/ I (Satu)
Waktu                           : 4 X 35 Menit (2 x pertemuan)

       I.            Standar  kompetensi :
  • Mendeskripsikan secara lisan tempat sesuai denah dan petunjuk penggunaan suatu alat
    II.            Kompetensi dasar :
  • Mendeskripsikan tempat sesuai dengan denah atau gambar dengan kalimat yang runtut 
 III.            Indikator :
v  Menemukan nama tempat sesuai dengan denah atau gambar
v  Mendeskripsikan tempat sesuai denah dengan kalimat yang runtut
v  Mendeskripsikan tempat berdasarkan gambar dengan kalimat yang runtut


 IV.            Tujuan Pembelajaran :
v  Setelah mengamati denah atau gambar, siswa mampu menemukan nama tempat sesuai dengan denah atau gambar dengan tepat
v  Setelah diskusi, siswa mamapu mendeskripsikan tempat sesuai denah dengan kalimat yang runtut
v  Setelah diskusi, siswa mampu mendeskripsikan tempat berdasarkan gambar dengan kalimat yang runtut

    V.            Materi Pokok :
v  Mendeskripsikan tempat sesuai dengan denah
v  Mendeskripsikan tempat berdasarkan gambar

 VI.            Metode Pembelajaran :
v  Ceramah
v  Tanya Jawab
v  Bermain peran
v  Diskusi
v  Penugasan


VII.            Sumber/ Alat belajar :
v  Buku paket Cinta Bahasa Indonesia
v  Media “Denah Rumah Gina”
v  Media gambar, seperti: Buang sampah di sungai, dan terminal bus
VIII.            Langkah- langkah Pembelajaran :

Pertemuan I
Kegiatan Awal :
Metode
Waktu
v  Salam dan berdo’a
v  Guru memberikan apersepsi
Contoh Apersepsi :
1.Kalian waktu berangkat pagi tadi menuju ke sekolah sudah melewati jalan mana saja?
v  Guru menyampaikan materi yang akan di bahas

Ceramah
10 menit
Kegiatan Inti :


v  Guru membagi siswa menjadi 3 kelompok
v  Guru mengajak siswa untuk mengamati denah yang dipajang dipapan tulis
v  Guru meminta beberapa siswa untuk bermain peran dengan menggunakan media “ Denah Rumah Gina “
v  Setelah itu setiap kelompok berdiskusi untuk mendeskripsikan tentang pertanyaan berikut ini:
Kelompok I : Perjalanan Gina dari rumahnya menuju  sekolah
Kelompok II : Perjalanan Gina dari kantor pos menuju pasar
Kelompok III : Perjalanan Gina dari terminal menuju Kebun Binatang
v  Perwakilan setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi didepan kelompok lain

Pembagian kelompok

Bermain peran


Diskusi








Presentasi
50 menit
Kegiatan Akhir :


v  Guru memberi penguatan materi
v  Guru memberi penghargaan bagi kelompok yang hasil kerjanya baik dan benar
v  Guru memberi tugas (PR)
v  Guru menutup kegiatan pembelajaran

Ceramah
10 menit
Pertemuan II
Kegiatan Awal :


v  Salam dan berdo’a
v  Guru memberikan apersepsi
Contoh Apersepsi :
1)    Siapa yang pernah pergi ke Kebun Binatang?
2)    Taukah kalian didalam KBS ada apa aja?
v  Guru menyampaikan materi yang akan di bahas

Ceramah
10 menit
Kegiatan Inti :


v  Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok
v  Guru mengajak siswa untuk mengamati gambar (pasar) yang terpajang di papan tulis
v  Tanya jawab tentang media gambar (pasar) yang diamati dengan permainan “Lihat dan Katakan”, yakni seorang siswa maju kedepan kelas untuk memberi kata kunci sedangkan siswa yang lainya mendeskripsikan gambar yang di lihat.
v  Guru membagi LK untuk berdiskusi
Kelompok I : Mendeskripsikan gambar buang sampah di sungai
Kelompok II : Mendeskripsikan gambar terminal bus
v  Perwakilan setiap kelompok memepresentsikan hasil diskusinya

Pembagian kelompok


Tanya jawab




Diskusi




Presentasi
50 menit
Kegiatan Akhir :


v  Guru memberi penguatan materi
v  Guru memberi penghargaan bagi kelompok yang hasil kerjanya baik dan benar
v  Guru menutup kegiatan pembelajaran

Ceramah
10 menit

 IX.            Penilaian :
v Jenis Penilaian                                : Non tes
v Bentuk penilaian                             : Performance
v Contoh Instrumen Penilaian           :
Pertemuan I
1)   Diskusi                    : Mendeskripsikan denah rumah Gina
2)   Penugasan  (PR)     : Buatlah diskripsi denah perjalanan dari sekolahan menuju rumah masing-masing!
Pertemuan II
1)   LK diskusi              : Mendeskripsikan gambar  pasar, buang sampah di sungai!

v Pedoman Penskoran :
·         Performance (Diskusi dan PR)
Nama Kelompok
Indicator Sikap
Total skor
Kerjasama dalam kelompok
Kejelasan mendeskripsikan
Keberanian siswa
Gaya penyamapian hasil diskusi
Kelompok 1
4
4
4
4
16
Kelompok 2





Kelompok 3





Kelompok 4





Keterangan skor:                                             
A = 4
B = 3
C = 2
D = 1
Keterangan total skor:
A  = 12-16
B = 7 -11
C = 4 - 6
D = 1 - 3







Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                         Guru Bhs. Indonesia




Drs. Ahmad Harun                                                                    Annasuha Rahmawati






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan         : MI Sunan Ampel
Mata Pelajaran               : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester             : IV/ I (Satu)
Waktu                            : 2 X 35 Menit (1 pertemuan)

       I.            Standar  kompetensi :
Mendeskripsikan secara lisan tempat sesuai denah dan petunjuk penggunaan suatu alat

    II.            Kompetensi dasar :
Menjelaskan petunjuk penggunaan suatu alat dengan bahasa yang baik dan benar

 III.            Indikator :
v  Menjelaskan petunjuk penggunaan alat, seperti : staples, jangka, cangkul, rautan pensil

 IV.            Tujuan Pembelajaran :
v  Setelah diskusi, siswa mampu menjelaskan petunjuk penggunaan alat dengan bahasa yang benar
                                                                                  
    V.            Materi Pokok :
v  Menjelaskan petunjuk penggunaan alat

 VI.            Metode Pembelajaran :
v  Ceramah
v  Demonstrasi
v  Tanya Jawab
v  Diskusi

VII.            Sumber/ Alat belajar :
v  Buku paket Cinta Bahasa Indonesia
v  Media staples (asli )
v  Media gambar seperti : jangka, cangkul, rautan pensil

VIII.            Langkah- langkah Pembelajaran :





Pertemuan I
Kegiatan Awal :
Metode
Waktu
v  Salam dan berdo’a
v  Guru memberikan apersepsi
Contoh Apersepsi :
1)      Pernahkah kalian menggunakan alat staples?
v  Guru menyampaikan materi yang akan di bahas

Ceramah
10 menit
Kegiatan Inti :


v  Guru meminta seorang siswa untuk mendemonstrasikan penggunaan alat staples di depan kelas
v  Guru membagi siswa menjadi 3 kelompok
v  Setelah itu setiap kelompok berdiskusi dengan mendapat tugas sebagai berikut :
Kelompok I : diskusi membahas penggunaan alat jangka
Kelompok II : diskusi membahas penggunaan alat cangkul
Kelompok III : diskusi membahas penggunaan alat rautan pensil
v  Perwakilan setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi didepan kelompok lain

Demonstrasi

Pembagian kelompok

Diskusi






Presentasi
50 menit
Kegiatan Akhir :


v  Guru memberi penguatan materi
v  Guru memberi penghargaan bagi kelompok yang hasil kerjanya baik dan benar
v  Guru member i tugas (PR)
v  Guru menutup kegiatan pembelajaran

Ceramah
10 menit
 IX.            Penilaian :
v Jenis Penilaian                                : Non tes
v Bentuk penilaian                             : Performance
v Contoh Instrumen Penilaian           :
diskusi : Jelaskan penggunaan alat, seperti : jangka, cangkul, rautan pensil!



v Pedoman Penskoran :
·         Performance
Nama Kelompok
Indicator Sikap
Total skor
Konsep urutan petunjuk penggunaan alat
Kerjasama dalam kelompok

keberanian
Tertib kerja
Kelompok 1
4
4
4
4
16
Kelompok 2





Kelompok 3





Kelompok 4





Keterangan skor:                                             
A = 4
B = 3
C = 2
D = 1
Keterangan total skor:
A  = 12-16
B = 7 -11
C = 4 - 6
D = 1 - 3







Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                        Guru Bhs. Indonesia




Drs. Ahmad Harun                                                                 Annasuha Rahmawati




0 comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.