RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : MI. Sunan Ampel
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : IV/ I (Satu)
Waktu : 4 X 35 Menit (2 x pertemuan)
I. Standar kompetensi :
- Mendeskripsikan secara lisan tempat sesuai denah dan petunjuk penggunaan suatu alat
II. Kompetensi dasar :
- Mendeskripsikan tempat sesuai dengan denah atau gambar dengan kalimat yang runtut
III. Indikator :
v Menemukan nama tempat sesuai dengan denah atau gambar
v Mendeskripsikan tempat sesuai denah dengan kalimat yang runtut
v Mendeskripsikan tempat berdasarkan gambar dengan kalimat yang runtut
IV. Tujuan Pembelajaran :
v Setelah mengamati denah atau gambar, siswa mampu menemukan nama tempat sesuai dengan denah atau gambar dengan tepat
v Setelah diskusi, siswa mamapu mendeskripsikan tempat sesuai denah dengan kalimat yang runtut
v Setelah diskusi, siswa mampu mendeskripsikan tempat berdasarkan gambar dengan kalimat yang runtut
V. Materi Pokok :
v Mendeskripsikan tempat sesuai dengan denah
v Mendeskripsikan tempat berdasarkan gambar
VI. Metode Pembelajaran :
v Ceramah
v Tanya Jawab
v Bermain peran
v Diskusi
v Penugasan
VII. Sumber/ Alat belajar :
v Buku paket Cinta Bahasa Indonesia
v Media “Denah Rumah Gina”
v Media gambar, seperti: Buang sampah di sungai, dan terminal bus
VIII. Langkah- langkah Pembelajaran :
Pertemuan I | ||
Kegiatan Awal : | Metode | Waktu |
v Salam dan berdo’a v Guru memberikan apersepsi Contoh Apersepsi : 1.Kalian waktu berangkat pagi tadi menuju ke sekolah sudah melewati jalan mana saja? v Guru menyampaikan materi yang akan di bahas | Ceramah | 10 menit |
Kegiatan Inti : | ||
v Guru membagi siswa menjadi 3 kelompok v Guru mengajak siswa untuk mengamati denah yang dipajang dipapan tulis v Guru meminta beberapa siswa untuk bermain peran dengan menggunakan media “ Denah Rumah Gina “ v Setelah itu setiap kelompok berdiskusi untuk mendeskripsikan tentang pertanyaan berikut ini: Kelompok I : Perjalanan Gina dari rumahnya menuju sekolah Kelompok II : Perjalanan Gina dari kantor pos menuju pasar Kelompok III : Perjalanan Gina dari terminal menuju Kebun Binatang v Perwakilan setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi didepan kelompok lain | Pembagian kelompok Bermain peran Diskusi Presentasi | 50 menit |
Kegiatan Akhir : | ||
v Guru memberi penguatan materi v Guru memberi penghargaan bagi kelompok yang hasil kerjanya baik dan benar v Guru memberi tugas (PR) v Guru menutup kegiatan pembelajaran | Ceramah | 10 menit |
Pertemuan II | ||
Kegiatan Awal : | ||
v Salam dan berdo’a v Guru memberikan apersepsi Contoh Apersepsi : 1) Siapa yang pernah pergi ke Kebun Binatang? 2) Taukah kalian didalam KBS ada apa aja? v Guru menyampaikan materi yang akan di bahas | Ceramah | 10 menit |
Kegiatan Inti : | ||
v Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok v Guru mengajak siswa untuk mengamati gambar (pasar) yang terpajang di papan tulis v Tanya jawab tentang media gambar (pasar) yang diamati dengan permainan “Lihat dan Katakan”, yakni seorang siswa maju kedepan kelas untuk memberi kata kunci sedangkan siswa yang lainya mendeskripsikan gambar yang di lihat. v Guru membagi LK untuk berdiskusi Kelompok I : Mendeskripsikan gambar buang sampah di sungai Kelompok II : Mendeskripsikan gambar terminal bus v Perwakilan setiap kelompok memepresentsikan hasil diskusinya | Pembagian kelompok Tanya jawab Diskusi Presentasi | 50 menit |
Kegiatan Akhir : | ||
v Guru memberi penguatan materi v Guru memberi penghargaan bagi kelompok yang hasil kerjanya baik dan benar v Guru menutup kegiatan pembelajaran | Ceramah | 10 menit |
IX. Penilaian :
v Jenis Penilaian : Non tes
v Bentuk penilaian : Performance
v Contoh Instrumen Penilaian :
Pertemuan I
1) Diskusi : Mendeskripsikan denah rumah Gina
2) Penugasan (PR) : Buatlah diskripsi denah perjalanan dari sekolahan menuju rumah masing-masing!
Pertemuan II
1) LK diskusi : Mendeskripsikan gambar pasar, buang sampah di sungai!
v Pedoman Penskoran :
· Performance (Diskusi dan PR)
Nama Kelompok | Indicator Sikap | Total skor | |||
Kerjasama dalam kelompok | Kejelasan mendeskripsikan | Keberanian siswa | Gaya penyamapian hasil diskusi | ||
Kelompok 1 | 4 | 4 | 4 | 4 | 16 |
Kelompok 2 | |||||
Kelompok 3 | |||||
Kelompok 4 |
Keterangan skor:
A = 4
B = 3
C = 2
D = 1
Keterangan total skor:
A = 12-16
B = 7 -11
C = 4 - 6
D = 1 - 3
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Bhs. Indonesia
Drs. Ahmad Harun Annasuha Rahmawati
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : MI Sunan Ampel
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : IV/ I (Satu)
Waktu : 2 X 35 Menit (1 pertemuan)
I. Standar kompetensi :
Mendeskripsikan secara lisan tempat sesuai denah dan petunjuk penggunaan suatu alat
II. Kompetensi dasar :
Menjelaskan petunjuk penggunaan suatu alat dengan bahasa yang baik dan benar
III. Indikator :
v Menjelaskan petunjuk penggunaan alat, seperti : staples, jangka, cangkul, rautan pensil
IV. Tujuan Pembelajaran :
v Setelah diskusi, siswa mampu menjelaskan petunjuk penggunaan alat dengan bahasa yang benar
V. Materi Pokok :
v Menjelaskan petunjuk penggunaan alat
VI. Metode Pembelajaran :
v Ceramah
v Demonstrasi
v Tanya Jawab
v Diskusi
VII. Sumber/ Alat belajar :
v Buku paket Cinta Bahasa Indonesia
v Media staples (asli )
v Media gambar seperti : jangka, cangkul, rautan pensil
VIII. Langkah- langkah Pembelajaran :
Pertemuan I | ||
Kegiatan Awal : | Metode | Waktu |
v Salam dan berdo’a v Guru memberikan apersepsi Contoh Apersepsi : 1) Pernahkah kalian menggunakan alat staples? v Guru menyampaikan materi yang akan di bahas | Ceramah | 10 menit |
Kegiatan Inti : | ||
v Guru meminta seorang siswa untuk mendemonstrasikan penggunaan alat staples di depan kelas v Guru membagi siswa menjadi 3 kelompok v Setelah itu setiap kelompok berdiskusi dengan mendapat tugas sebagai berikut : Kelompok I : diskusi membahas penggunaan alat jangka Kelompok II : diskusi membahas penggunaan alat cangkul Kelompok III : diskusi membahas penggunaan alat rautan pensil v Perwakilan setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi didepan kelompok lain | Demonstrasi Pembagian kelompok Diskusi Presentasi | 50 menit |
Kegiatan Akhir : | ||
v Guru memberi penguatan materi v Guru memberi penghargaan bagi kelompok yang hasil kerjanya baik dan benar v Guru member i tugas (PR) v Guru menutup kegiatan pembelajaran | Ceramah | 10 menit |
IX. Penilaian :
v Jenis Penilaian : Non tes
v Bentuk penilaian : Performance
v Contoh Instrumen Penilaian :
diskusi : Jelaskan penggunaan alat, seperti : jangka, cangkul, rautan pensil!
v Pedoman Penskoran :
· Performance
Nama Kelompok | Indicator Sikap | Total skor | |||
Konsep urutan petunjuk penggunaan alat | Kerjasama dalam kelompok | keberanian | Tertib kerja | ||
Kelompok 1 | 4 | 4 | 4 | 4 | 16 |
Kelompok 2 | |||||
Kelompok 3 | |||||
Kelompok 4 |
Keterangan skor:
A = 4
B = 3
C = 2
D = 1
Keterangan total skor:
A = 12-16
B = 7 -11
C = 4 - 6
D = 1 - 3
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Bhs. Indonesia
Drs. Ahmad Harun Annasuha Rahmawati